Rabu, 13 November 2019

ZALORA II

Sejarah Perusahaan
        Zalora Indonesia (Zalora.co.id) adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.

      Memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal, internasional dan designer, pelanggan kami dapat berbelanja online dengan pilihan produk fashion pria dan wanita mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris dan produk fashion lainnya. 

          Zalora.co.id merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet GmBH. Rocket Internet GmBH adalah inkubator startup online terbesar di dunia, beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu, Foodpanda, PricePanda, Lamudi, dan Carmudi. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

     Dengan didukung sumber daya manusia yang berpengalaman dan professional, perusahaan terus mengembangkan usahanya untuk menjadi perusahaan terdepan dalam bidangnya. PT Fashion Eservices Indonesia telah mengalami banyak pengalaman dalam menjalankan bisnis sehingga dapat dipercaya. Namun, perusahaan belum merasa puas dengan prestasi yang diraihnya itu, masih terus melakukan perbaikan-perbaikan dan terus mengembangkan usahanya sehingga diharapkan di masa mendatang permintaan dan jumlah pengerjaan dan proyek-proyek terus mengalami peningkatan

Visi dan Misi


1.      Visi Perusahan
Menjadi Portal Media Diskusi Jual Beli Online Shop Terbesar dan Terpercaya di Indonesia
2.       Misi Perusahaan
·         Menjadi media perantara perdagangan online yang terbaik di Indonesia 
·         Menjadi media dan alternatif sumber penghasilan 
·         Menghadirkan fiture-fiture yang memuaskan pelanggan 
·         Ikut berpartisipasi melahirkan pengusaha online yang tangguh dan berbobot
·         Memasyaratkan dunia online Indonesia

BIDANG USAHA PERUSAHAAN


 PT Fashion Eservices Indonesia bergerak di bidang distribusi kebutuhan mode pakaian untuk Pria Wanita dan Anak yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional dengan pusat media dipusatkan di media online Zalora.co.id.   

STRUKTUR ORGANISASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA


 Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman, saat ini sistem manajemen PT Fashion Eservices Indonesia (Zalora.co.id) terdiri dari Direktur yang dibantu oleh 3 General Manager (GM) yaitu GM Marketing, GM Operasi dan GM Administrasi dan Keuangan serta didukung oleh sejumlah Manajer yang antara lain terdiri dari kepala cabang, manajer keuangan, manajer pengadaan dan umum. 

 Di bawah ini adalah sistem manajemen yang berupa bagan struktur organisasi yang diterapkan pada PT Fashion Eservices Indonesia. 

                  
  Gambar : Struktur Organisasi PT Fashion Eservices Indonesia
Seluruh tenaga pendukung mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mendukung seluruh kegiatan perusahaan baik marketing, operasional proyek, administrasi, pengelolaan komputer, dan lain-lain.
Adapun tata kerja dari struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut:

1. GM Marketing

a.  Bertanggung jawab kepada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang pemasaran sesuai dengan sasaran atau misi perusahaan yang telah ditetapkan.
b.   Bertanggung jawab atas terjaminnya efektivitas kerjasama tim pemasaran dan unit-unit lainnya (pengembangan produk dan tim konsultan) yang menjadi turutan agar secara keseluruhan berjalan secara efektif dan efisien.
c.  Membangun jaringan dengan mitra-mitra terbaik untuk mendukung dan memperluas penguasaan pasar domestik dengan kompetensi produk.
d.  Bertanggung jawab atas terreliasasinya rencana bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi perusahaan.
e.   Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait secara optimal.  

2. GM Operasi

a.  Bertanggung jawab kepada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang operasi agar berjalan secara optimal.
b.   Bertanggung jawab atas terjaminnya efektivitas kerjasama tim operasional dan unit-unit lainnya yang menjadi turutan agar secara keseluruhan berjalan secara efektif dan efisien.
c.     Membangun jaringan dengan mitra-mitra terbaik untuk mendukung realisasi pengembangan dan penguasaan kompetensi produk serta mempunyai keunggulan daya saing secara operasional.
d.    Bertanggung jawab atas terreliasasinya Rencana Bisnis Tahunan dan menyusun Rencana Bisnis Jangka Panjang perusahaan. 
e.   Bertanggung jawab terhadap evaluasi kinerja bisnis dan perencanaan pengembangan  bisnis perusahaan ke depan. 
f.     Bertanggung jawab atas terselenggaranya proses pembentukan unit operasi yang efisien dan efektif dengan mengimplementasikan “Activity-Based Costing”.
g.   Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait secara optimal.

3. GM Administrasi dan Keuangan

a.   Membangun relasi dengan jaringan vendor dalam dan luar negeri untuk memperoleh kualitas barang dan harga terbaik serta meningkatkan daya saing perusahaan.
b.   Bertanggung jawab kepada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengembangan bidang keuangan, bidang pengembangan SDM, dan bidang administrasi pada umumnya.
c.      Bertanggung jawab atas terreliasasinya Rencana Bisnis Tahunan dan menyusun Rencana Bisnis Jangka Panjang perusahaan. 
d.   Bertanggung jawab terhadap evaluasi kinerja bisnis dan perencanaan pengembangan  bisnis perusahaan ke depan. 
e.    Bertanggung jawab atas terselenggaranya proses pembentukan “Company Culture” dan “Company Value” yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
f.   Bertanggung jawab atas terreliasasinya rencana bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi perusahaan.
g.  Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait secara optimal.

4.Manager Partnership dan Keagenan

a.     Bertanggung jawab atas terrealisasinya program pengembangan partnership dan keagenan yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam menunjang kegiatan marketing dan operasi serta mendukung
tercapainya misi perusahaan.
b.  Merencanakan, mengkaji, dan mengembangkan partnership dengan partner-partner potensial dalam dan luar negeri untuk membangun kerjasama partnership yang mampu meningkatkan daya saing perusahaan.
c.    Merencanakan, mengkaji, dan mengembangkan keagenan atas produk-produk potensial, untuk memperluas layanan dan memperkuat daya saing perusahaan.
d.    Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan partnership dan keagenan serta evaluasi atas pelaksanaan program kerjasama yang dibutuhkan oleh perusahaan.
e.   Bertanggung jawab atas terciptanya “Company Value” dalam pelaksanaan kerjasama partnership dengan semua bisnis partner yang ada.
f.    Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait secara optimal.

5. Manager System Development & Performance

a.   Bertanggung jawab terhadap evaluasi “performance” perusahaan dan memberikan masukan-masukan yang mendukung tercapainya “Performance Target” yang dipertanggung jawabkan oleh perusahaan kepada pemegang saham.
b. Bertanggung jawab terhadap terrealisasinya Rencana Bisnis Tahunan dan “Performance Target” perusahaan.
c.      Bertanggung jawab terhadap sistem komputerisasi perusahaan semua operasional mulai dari internet dan homepages perusahaan, sistem keuangan, dan sistem kinerja (Balanced Scorecard).
d.   Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem serta evaluasi atas realisasi rencana bisnis dan memberikan penilaian dan usulan-usulan.
e.   Bertanggung jawab atas terrealisasinya rencana bisnis yang telah disepakati sebagai tahapan terwujudnya visi dan misi perusahaan.
f.    Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim antar bagian yang menjadi tanggung jawabnya dengan unit-unit lainnya yang terkait secara optimal.

6. Manager Cabang

a.     Bertanggung jawab terhadap terrealisasinya target penjualan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Tahunan.
b.      Merencanakan dan mengevaluasi tahapan pemasaran yang dilakukan oleh tim pusat yang menjadi tanggung jawabnya dan melakukan pengawasan atas semua kegiatan pemasaran yang direncanakan.
c.    Membuat analisis segmentasi pasar, tingkat penguasaan pasar, dan strategi pemasaran yang optimal secara berkesinambungan untuk menjamin pencapaian target penjualan yang ditetapkan.
d.      Bertanggung    jawab   terhadap          kemampuan     perusahaan      dalam
peningkatan “customer retention” (hubungan baik dengan konsumen), tingkat kepuasan pelanggan, dan persentase “hit rate” (tingkat keberhasilan tender) hingga tercapai kinerja pemasaran yang baik dan “cost effective”. 
e.  Membangun jaringan pemasaran dengan kostumer-kostumer terbaik melalui strategi pendalaman penguasaan pasar yang efektif dan perluasan pasar baru yang dianggap potensial.
f.        Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem cabang per triwulan.
g.   Menjamin kelancaran terwujudnya kerjasama tim yang menjadi tanggung jawabnya dan membuat perencanaan peningkatan kinerja.

FUNGSI SOSIAL DAN EKONOMI PERUSAHAAN


Secara umum kegiatan usaha atau fungsi sosial dan ekonomi yang ada di PT Fashion Eservices Indonesia terdiri dari 4 kegiatan usaha, yaitu:
1.         Kegiatan pengadaan produk, yaitu :
a)        Bekerjasama dengan perusahaan produsen di bidang Fashion
b)        Mendatangkan produk Fashion melalui import. 
2.     Kegiatan penjualan (pemasaran), dalam hal ini kegiatan menjual langsung kepada konsumen akhir melalui Zalora.co.id
3.     Kegiatan keuangan, secara umum meliputi kegiatan yang berhubungan dengan penerimaan kas dan pengeluaran kas perusahaan, diantaranya :
a)        Kegiatan penerimaan pembayaran via collector
b)        Kegiatan penerimaan pembayaran via transfer bank
c)        Kegiatan penerimaan dan pengeluaran kas tunai  
4.  Kegiatan Akuntansi, secara umumnya meliputi kegiatan yang bersifat pencatatan, pengelompokan, pengikhtisaran dari hasil transaksi perusahaan hingga kegiatan pengolahan transaksi hingga menjadi laporan keuangan .

SISTEM PENJUALAN ZALORA

Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C (Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai merek terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
1.   Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan  Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah  Indonesia Timur dan
Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian di bawah Rp 300.000.
2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD  menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3.      30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan
Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja  via telepon dengan nomor : 021-29490100 ü Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB ü Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB  email : help@zalora.co.id 


Cara Pembelian di Zalora :

1.    Masuk ke http://www.zalora.co.id
2.    Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
3.    Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
4.   Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
5.  Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di Zalora.co.id, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di Zalora.co.id, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
6.   Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
7.  Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
8.      Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on deliverytransfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
9.      Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
10.               Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.co.id.

KEAMANAN ZALORA.CO.ID KEPADA KONSUMEN


Pihak Zalora.co.id memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak Zalora.co.id memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora.co.id menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.

Zalora.co.id memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara:
      Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda
      Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin
  Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi

Zalora.co.id menggunakan teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128 - bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

About me